Kiat Sukses di Bisnis Online

Kalli ini Nicko Seo akan memberikan Informasi seputar Kiat Sukses di Bisnis Online Perkembangan teknologi komunikasi, terutama berbasis internet, telah mendorong laju perekonomian. Sebab lewat dunia maya, kini banyak orang yang berlomba-lomba menjajakan bisnisnya. Baik berupa jasa maupun barang. Pada 2013 saja, bisnis online telah meraup pemasukan sekitar Rp 5,1 triliun.

Kiat Sukses di Bisnis Online

Mudahnya bertransaksi lewat internet pun membuat jumlah pemain di pasar ini kian meningkat. Hingga persaingan semakin ketat. Lantas apa yang harus Anda lakukan agar bisnis online tetap berjalan sukses?

Menurut praktisi bisnis online Tasya Mustika Putri (24), kunci agar usaha Anda berjalan sukses adalah kemampuan meraih kepercayaan konsumen. Sebab dalam bisnis online, pembeli tak dapat berinteraksi langsung dengan penjual. Pun tak bisa melihat atau menyentuh barang yang Anda tawarkan. Karena itu, tampilan situs serta layanan yang Anda berikan harus mampu meyakinkan dan memuaskan pelanggan.

“Sebelum menjalankan bisnis online, Anda harus mengutamakan pelayanan dan kualitas dari produk,” ktaa Tasya ke Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, Kamis, 2 Oktober 2014. “Jika sudah menjalankan kedua poin itu, Anda akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.”

Memperoleh rasa percaya konsumen memang tidak mudah. Selain menjaga kualitas produk dan pelayanan, Anda juga mesti memberikan bukti nyata pada mereka. Misalnya dengan memamerkan testimonial atau rekomendasi para pelanggan. “Jangan malu atau segan untuk meminta testimonial dari pembeli. Lama kelamaan, tanpa diminta pun mereka akan dengan senang hati berbagi testimonial atas produk Anda,” ujar perempuan yang sudah berbisnis online sejak 2008 itu.

Anda perlu juga memerhatikan tampilan produk yang menarik. Seperti memajang foto produk dengan kualitas bagus, elegan, namun tidak mengubah keaslian warna serta bentuk produk. Dan jangan sampai Anda dengan sengaja memoles produk sebagus mungkin saat pemotretan. Padahal produk asli tak seindah di gambar. Jika sudah begini, pembeli akan merasa tertipu secara tak langsung. “Bisa-bisa mereka menjadi enggan untuk kembali membeli produk Anda,” kata dia.

Karena Anda menggeluti bisnis secara online, ada beberapa perintilan teknis yang harus mendapatkan perhatian. Seperti domain dan konfigurasi website yang Anda pilih. Kedua hal itu harus ramah untuk pembeli.

Tasya sendiri tidak terlalu rumit dalam memilih domain situs web untuk bisnisnya. Namun ia tetap harus rajin mempromosikan alamat situs melalui media sosial, misalnya Facebook atau Twitter. Dan yang terpenting, alamat situs mesti ramah dengan mesin pencari. “Atau meningkatkan SEO-nya,” kata dia.

Anda juga perlu memperhatikan perihal garansi produk. Konsumen tentu akan lebih memilih produk yang menawarkan garansi. Untuk yang satu ini, Tasya memberikan garansi tergantung dengan jenis produk. Bila barang elektronik, tentu lengkap dengan jaminan garansi. Namun jika berbisnis baju seperti Tasya, Anda tidak bisa langsung menawarkan garansi. Sebab pemesanan pakaian tergantung dengan ukuran yang biasa dipakai. “Karenanya, istilah make sure before you booked menjadi hal penting dalam dunia online shop,” kata Tasya.

Sekian dari Nicko Seo untuk artikel Kiat Sukses di Bisnis Online yang bisa kami informasikan. Jangan lupa untuk Berkomentar Relevan dengan Topik. Terima Kasih banyak.
Title : Kiat Sukses di Bisnis Online
Description : Kalli ini Nicko Seo akan memberikan Informasi seputar  Kiat Sukses di Bisnis Onlin e Perkembangan teknologi komunikasi, terutama berbasis ...

0 Response to "Kiat Sukses di Bisnis Online"

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau dijaring secara otomatis oleh spam filter